SHOWBIZ

Confession (Good Friends)

“Rather than a stranger, the probability of getting killed by someone close is higher.”

Ada yang mengatakan bahwa ketika seseorang yang sangat kita sayangi mengalami sebuah rasa sakit yang teramat dalam, kita juga akan merasakan sakit yang sama besarnya. Itu situasi yang sangat mudah, yang kamu lakukan cukup membantunya untuk keluar dari rasa sakit itu. tapi bagaimana jika situasinya lebih rumit, kamu punya instic dengan  sakit yang mereka  alami dalam film ini. . Film ini menceritakan tentang kekuatan dari sebuah persahabatan. Confession (Joeun Chingoodeul), an effective typical Korea drama.

Bukan sesuatu yang aneh jika melihat hubungan antara Hyun-tae (Ji Sung), In-chul (Ju Ji-hoon), dan Min-soo (Lee Kwang-soo) tampak seperti sebuah keluarga, karena persahabatan itu telah mereka bangun lebih dari satu setengah dekade yang lalu. Hal tersebut sangat terlihat jelas dari keakraban yang seolah tidak memiliki dinding pembatas layaknya sebuah pertemanan, mereka selalu siap membantu jika ada diantara mereka yang memerlukan bantuan, seperti hal sederhana memberi makan, hingga hal rumit seperti yang dilakukan In-chul dengan menjadi penghubung antara Hyun-tae dan ibunya yang telah dingin sejak pernikahannya yang tidak di restui.

Sayangnya hubungan yang sangat akrab tadi juga menjadi penyebab muncul sebuah boomerang yang sangat menghancurkan. Karena masalah ekonomi yang memberikan dampak kurang baik pada usaha yang ia miliki, ibu Hyun-tae ingin melakukan sebuah ide gila yang juga memiliki kaitan dengan tempat dimana In-chul bekerja. Tapi keterlibatan In-chul dalam ide tersebut ternyata jauh lebih dalam, dan itu tidak ia lakukan sendirian melainkan bersama Min-soo. Celakanya eksekusi yang mereka lakukan tidak bersih, dan dampak yang mereka hasilkan justru sebaliknya, sangat kotor, bukan hanya melukai mereka berdua tapi juga Hyun-tae yang tidak tahu apapun terkait ide gila tersebut.

Film yang memiliki judul alternative Good Friends ini dapat dikatakan merupakan film drama Korea terbaru yang kehilangan potensinya akibat sebuah blunder kecil yang menghasilkan dampak yang cukup signifikan.Film inisederhana namun mampu menghasilkan sebuah perputaran masalah yang menarik, karakterisasi pada karakter yang juga terbilang efektif dibalik penggunaan waktu yang tidak sedikit di bagian awal, kemudian senjata utama mereka pada permainan emosi yang ditampilkan film ini dalam kuantitas yang cukup tepat serta kualitas yang cukup memikat. Tiga hal tadi belum menghitung cinematography yang secara jumlah memang tidak begitu banyak tapi beberapa sukses menampilkan teknik yang kuat memorable, kepingan terakhir yang melengkapi narasi yang terus bergerak secara terkendali.

Film ini kemudian akan memacu adrenalin kalian terjebak jauh lebih dalam bersama masalah dan karakter, merasa perih dan sakit yang mereka dapatkan dari karakter berhasil meraih titik tertinggi, titik puncak. Confession mampu memberikan kita gejolak emosi dari karakter, penyesalan yang secara bertahap semakin memperburuk situasi, terus berada dalam siksaan dan tekanan batin.

Tidak istimewa, namun menilik kesan pertama yang ia hadirkan dibagian awal. Hal utama yang terasa paling menarik adalah potensinya untuk mencampur cita rasa noir ketika bercerita, dan rasa penasaran itu semakin besar ketika sebuah kejutan besar itu hadir kita otomatis akan mengerti bahwa ini sebuah character-driven movie. Tidak ada misteri, ibarat sebuah bom waktu kita hanya akan menunggu kapan bom itu akan meledak karena sudah tahu ia pasti akan meledak, dan keputusannya untuk sedikit bergerak lambat di bagian awal terhitung sukses memberikan dampak positif bagi Lee Do-yoon, karena karakter yang ia miliki punya pesona, elemen yang ia olah dengan sangat tepat untuk terus menerus meraih atensi penontonnya tanpa sebuah upaya yang terasa murahan, komposisi yang bijak baik itu pada bagian thriller, drama, hingga isu friendship yang ia bawa.

Itu yang aku  suka dari Confession, meskipun ia tampil dalam dinamika yang tergolong terlalu tenang tanpa sebuah rollercoaster yang memikat tapi alur cerita terus konsisten terasa menarik berkat kombinasi antara tiga genre tadi yang bekerja dengan baik. Eksekusi yang diberikan olehLee Do-yoon terasa tepat, dalam artian untuk sekedar menjabarkan apa yang terjadi didalam cerita dengan sensasi yang standard, unsur kejahatan berhasil ia jaga, emosi penonton ia tanpa menggunakan materi yang berlebihan, thrill juga sesekali sukses memecah keheningan, dan yang terpenting isu terkait persahabatan terus bermain-main di pikiran dan perasaan penontonnya. Dan menjadikan semua nilai positif tadi terasa istimewa.

Dampak positif dari hal tadi adalah kita punya dua karakter lain yang bersinar. Pertama adalah Min-soo yang diperankan dengan sangat efektif oleh Lee Kwang-soo, waktu tampil yang ia miliki memang minim tapi setiap kehadirannya di layar memberikan dampak yang mumpuni pada cerita. Bintang utamanya justru adalah Ju Ji-hoon, kepanikan yang ia tampilkan menciptakan thrill yang pas, tapi ia juga tidak pernah kehilangan kendali dalam mengekspresikan tekanan yang karakternya miliki. Chemistry diantara tiga aktor juga terbilang manis, terutama pada momen ketika mereka bersama diawal.

Overall, Confession (Good Friends) adalah film yang cukup memuaskan. Merupakan sebuah presentasi yang efektif, cukup terampil terutama pada hal teknis seperti cinematography, dan tergolong bijak dari upaya mengolah kembali isu sederhana terkait persahabatan dengan mencampurnya bersama sentuhan thrill cepat dan melodrama bersama pondasi berupa sebuah masalah kejahatan, tidak memberikan polemik yang rumit dari segi cerita namun membuat penonton merasakan kerumitan itu dari sisi emosi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s