SHOWBIZ

[MOVIE 2016] SING STREET

Hai hari ini aku mau bahas tentang film yang sebenarnya udah berkali-kali nonton. Nah sekarang baru sempet deh ngeblognya.

“Find your skill and catch with your dream.”

Sing Street arahan John Carney sukses membius membuat aku senyum-senyum liatnya. Ini adalah drama tentang musik. Dan kunci utamanya ada pada musik asyik yang energic enak didengar yang membangkitkan mood. Kalau lihat film ini plotnya begitu familiar tapi gak ngebosenin untuk nonton. Film ini merupakan kombinasi sempurna antara romansa remaja SMA dengan musik sebagai nyawa utamanya.

Cara penyampaian naskah dalam cerita film ini terasa sangat warm dan fresh untuk dilihat.. Selesai menonton film ini, aku terus menerusingin kembali menontonnya lagi, lagi, dan lagi. Alasannya karena begitu menarik dalam penggambaran nostalgianya. teringat masa-masa SMA dulu apalagi buat yang pernah pindah sekolah dan dibully, btw walau tanpa latar belakang musik aku rasa yang menonton juga akan tetap suka.

Sing Street layaknya mesin waktu yang sanggup membawa kembali kita ke masa manis-pahit semasa SMA. Cinta yang innocent, persahabatan, impian, cita-cita, dan semacamnya. film ini membawa aku menikmati setiap detiknya; tanpa harus menggunakan effort emosi yang besar, alurnya pun ringan namun tetap serarah.

Tokoh utamanya adalah Conor Lalor (Ferdia Walsh-Peelor), seorang remaja SMA yang suka bermain gitar, sedikit bisa bernyanyi, dan amatir menulis lirik. Keluarga Conor tengah berantakan karena masalah ekonomi dan rumor sang ibu yang berselingkuh. Imbasnya, Conor kini dipindahkan ke sekolah yang lebih murah.

singstreet-conor

Synge Street CBS adalah sekolah Conor yang baru. Sekolah ini dikelola oleh pendeta Baxter (Don Wycherley) yang kolot dan terbilang kasar menurutku. Seperti murid pindahan lainnya, bullying tidak lepas dari sini. Conor kerap menjadi bahan siksaan oleh Barry (Ian Kenny). Karena perlakuan yang dia terima selama ini membuat Conor bisa bertemu dengan Darren (Ben Carolan) yang bisa dibilang Penyelamat Conor.

sing-street-b

Ketika pagi hari dekat sekolahnya ada seorang gadis tengah berdiri di seberang jalan. Conor berhasil berkenalan dengannya. Namanya Raphina (Lucy Boynton). Untuk remaja seusianya, ia tidak bersekolah. Ia bermimpi menjadi model di London. Conor tertarik. Btw Raphina cantik kalau enggak pakai makeup berat dan bergaya sangat dewasa. Akhirnya Conor mengajak Raphina bekerja sama menjadi model di video klip band-nya. Tapi tunggu dulu! Conor punya band? Enggak! HAHA

sing-street-frame

Setelah Raphina setuju dengan kerjasama itu, maka Conor membentuk band secara dadakan. Darren sebagai produser, sutradara, dan kameramen untuk video klipnya. Teman Darren, Eamon (Mark Mckenna) diundang menjadi personilnya. Eamon disini membuat aku kagum dan aku bilang dia jenius, karena hampir semua alat musik dapat ia mainkan. Secara bertahap, tiga anggota baru pun masuk. Maka, lahirlah band bernama Sing Street!

e95a78d0a8bdfc12dd50023c9d8822ea4a084546

Apa yang dilakukan Conor merupakan gambaran dari remaja pada umunya. Berbagai cara akan dilakukan demi bisa menarik perhatian seseorang yang disuka. Karena Raphina, Conor membentuk band. Tentu untuk menarik hati orang yang disuka, skill dibutuhkan di sini.

Chemistry antara Ferdia Walsh-Peelor dengan Lucy Boynton sangatlah kuat. Keduanya melengkapi satu sama lain. Di saat Conor butuh model klip, Raphine selalu ada. Di saat Raphine butuh seseorang yang pengertian, Conor selalu di sisi. Aku ikut terbawa emosi karena hal itu. Bahkan ketika Raphina memutuskan untuk hijrah ke London, ada rasa kehilangan yang aku rasakan.

Aku selalu suka dengan drama romansa yang sederhana tanpa muluk-muluk dan harus yang mengadung unsur dewasa atau bahkan cerita yang amat rumit. Walaupun ada juga beberapa orang yang kurang suka drama romansanya, tapi ada unsur komedi. Bisa jadi mood booster saat mungkin merasa bosen nontonnya. Dan ya musik yang energic, easy going seperti khas 80-an akan mengajak kamu merasa lebih baik dan senang. Siapa sangka, Adam Levine berkontribusi dalam meracik lagu-lagu yang dibawakan Sing Street Band. Salah satu lagu yang aku suka “To Find You”.

Film ini berlatarkan di Dublin, Irlandia sekitar tahun 1985. Bukan soal musik dan romansa semata. Tapi ini juga soal impian. Kita dapat melihatnya pada karakter Raphina yang bermimpi menjadi model di London dan harus meninggalkan Dublin. Juga berlaku bagi Brendan (Jack Reynor), kakak Conor yang terpaksa putus kuliah dan hancurlah segala impiannya. Tapi, Brendan telah berhasil menjadi penggerak semangat Conor dalam mengejar gairahnya bermusik.  Yang juga impian sang kakak. Aku mau selipin ah foto abangnya yang menurut aku ganteng udah gitu bisa nyanyi lagi aduuuuuuuh…  😂😘

Film ini selama aku menontonnya terasa sangatlah manis, hangat, dan tersenyum bahagia. Semua terasa indah untuk didengar dan dilihat. Jujur menurut aku film ini bagus, sangat ringan tapi banyak point dan pesan moral yang baik bisa kita ambil. Makanya aku sampai nonton beberapa kali. Ohya, gambar di bawah saat Raphina dan Conor akan ke London demi meraih impian mereka. Duh London (abaikan).

sing-street-6

This slideshow requires JavaScript.

Siapa tahu tertarik dengan ostnya ya.. Btw, mereka agak mengingatkan aku sama The Click 5 lho. 😀

maxresdefault2

jump-rope-endurance-icon

8,5/10

 

 

image-20

2 thoughts on “[MOVIE 2016] SING STREET

  1. Hi Riski, aku harap sih mereka suskes di London. Karena endingnya hanya di perjalannan ke London. kalau dari yang aku ;ihat sih kayaknya bakal ada sequalnya soalnya gantung di ending. & btw terimaksih ya udah mau mampir di blog aku 🙂

    Like

Leave a Reply

